Sunday, January 27, 2013

9 Cara atasi bau mulut

Bau mulut bisa menjadi hal yang menjengkelkan dan, kadang, bikin malu. Saat penampilan sudah rapih dan meyakinkan, bau mulut bisa merusak semuanya.
Berikut tips menghindari bau mulut seperti yang dilansir dalam howstuffworks.com:

1. Sikat gigi secara teratur
Kebiasaan ini mungkin sudah umum didengar oleh banyak orang, namun kadang kala cara mempraktekannya lah yang tidak tepat. Disarankan agar menggosok gigi minimal 2 kali sehari agar kuman–kuman penyebab bau mulut bisa hilang, selain itu perhatikan gigi-gigi bagian dalam yang kadang terlupakan oleh kita.

2. Bersihkan lidah
Kadang, bau mulut masih sering muncul meskipun gigi sudah dibersihkan secara teratur. Apabila hal ini terjadi pada Anda, cobalah untuk membersihkan bagian lidah secara perlahan, kuman penyebab bau mulut juga suka bersarang di bagian ini.

3. Banyak minum air putih
Bau mulut disebabkan akibat adanya kuman di sekitar rongga mulut dan tenggorokan Anda, oleh karena itu untuk menghilangkan kuman tersebut bisa dengan cara meminum air dengan jumlah yang cukup yaitu 8 gelas per hari, dan disarankan untuk meminum air putih atau air mineral.

4. Konsumsi olahan mint
Olahan mint, selain enak untuk dikonsumsi, juga dapat membuat nafas menjadi segar. Oleh karena itu apabila ingin menghilangkan bau mulut dengan cepat bisa dengan cara mengonsumsi olahan mint ini.

5. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Makanan yang Anda konsumsi dapat menjadi sumber bau mulut. Oleh karena itu, perhatikan olahan makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya menghindari olahan makanan berbahan dasar bawang dan daging dengan jumlah banyak.

6. Berkumur sesering mungkin
Untuk menghindari bau mulut akibat makanan atau minuman yang baru saja dikonsumsi, Anda bisa dengan cara berkumur dengan air putih atau air mineral. Selain itu, berkumur juga bisa mengatur kadar PH dalam mulut menjadi normal.

7. Konsumsi sesuatu yang berbau manis
Buah merupakan sesuatu yang bisa menciptakan wangi ketika dikonsumsi, namun disarankan untuk mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, melon, dan berry. 

8. Hindari rokok
Selain menyebabkan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh, merokok juga bisa menjadi sumber bau mulut. Oleh karena itu, hindari merokok agar tubuh sehat dan nafas menjadi segar.

9. Cek kesehatan mulut secara berkala
Periksa kondisi mulut dan gigi ke dokter agar mendapatkan perawatan yang baik dan benar, dan disarankan untuk konsultasi sebanyak 2 kali dalam satu tahun, atau dengan kata lain 1 kali dalam 6 bulan. (Kabar24/nel).

0 komentar:

Post a Comment